Coklit Serentak Satu Juta Pemilih

KPU Jatim Ajak Sukseskan Pilkada di Coklit Serentak Satu Juta Pemilih

Abadinews.id, Surabaya - Coklit Serentak Satu Juta Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 di Jawa Timur. Digelar KPU Jatim di Hotel Majapahit Jalan Tunjungan Surabaya.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi memimpin langsung Coklit Serentak Satu Juta Pemilih. Bersamaan itu juga mendapat penghargaan dari Rekor MURI. Pasalnya, Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU berhasil mendata lebih dari sejuta pemilih.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi mengatakan, Gebyar Coklit Serentak sengaja dilakukan di hari pertama, karena kebiasaan Pantarlih melakukan Coklit di masa akhir Coklit.

"Pantarlih tidak hanya bekerja dan bertugas di atas meja saja. Tugasnya, mendatangi dari rumah ke rumah memastikan bahwa yang bersangkutan itu memang ada orangnya, atau sudah pindah memenuhi syarat sebagai pemilih, atau harus dikeluarkan dari data pemilih karena suatu hal," terangnya. Senin malam (24/06).

Lanjut Aang, yang menjadi dasar KPU menggelar Gebyar Coklit Serentak, sekaligus diharapkan jadi penyemangat bagi Pantarlih bekerja melakukan Coklit.

"Ini yang menjadi dasar kita melakukan Gebyar, dengan demikian yang kita lakukan malam ini semoga dapat menjadi semangat awal yang baik kepada seluruh Pantarlih untuk bekerja mencoklit mensyaratkan sejak hari pertama dijadwalkan," tutur Aang.

Aang menekankan, seluruh jajaran penyelenggara kabupaten/kota hingga tingkat desa, kelurahan, melakukan supervisi pada kegiatan pelaksanaan tahapan ini.

"Kami memastikan kegiatan Coklit berjalan sesuai ketentuan. Sebab, Coklit dilakukan dari rumah ke rumah, di dalamnya terdapat keluarga yang terdiri dari beberapa pemilih. Selain itu, kami titip tugas tambahan untuk Pantarlih sekaligus menyampaikan informasi dan pendidikan pemilih terkait pelaksanaan Pilkada di Jawa Timur," jelas Aang Kunaifi.

Sementara itu, Direktur Marketing MURI Awan Rahargo menambahkan, KPU Jatim layak mendapatkan penghargaan di Gebyar Coklit Serentak Satu Juta Pemilih.

"KPU Jatim piagam penghargaan dari MURI untuk kategori Pencocokan dan Penelitian (Coklit) calon pemilih di hari pertama tahapan pemutakhiran data Pilkada pada pemilih terbanyak yaitu 1.166.920," tutupnya. (4U)

abadinews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top