Menutup Triwulan l, Jumlah Penumpang Bandara Juanda Meningkat 59 Persen

Abadinews.id, Sidoarjo – Menutup Triwulan I Tahun 2022 Bandar Udara Internasional Juanda telah melayani 2.016.286 penumpang. Selama periode Januari hingga Maret Tahun 2022, pergerakan penumpang menunjukkan tren positif terutama pada Bulan Maret.

“Pada Triwulan I ini jumlah penumpang meningkat 59,36 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 1.265.256 penumpang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan yaitu mencapai 15.895 pergerakan pesawat atau meningkat 10,82 persen jika dibanding tahun sebelumnya sejumlah 14.343 pergerakan pesawat. Kemudian untuk kargo terjadi penurunan sedikit yaitu -1,19 persen atau hanya mencapai 16.711.003 kg yang dibandingkan periode sebelumnya sebesar 16.912.983 kg,” tutur General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar.

Sisyani menjelaskan, pada Bulan Maret saja, Bandar Udara Internasional Juanda telah melayani 766.305 penumpang.

“Jumlah tersebut meningkat sebesar 43,8 persen jika dibandingkan dengan Bulan Februari yang tercatat sebanyak 532.878 penumpang. Sedangkan untuk Bulan Januari jumlah penumpang tercatat sebanyak 717.103 penumpang,” jelasnya.

Menurut Sisyani jumlah penumpang yang dilayani masih didominasi penumpang penerbangan domestik.

“Penerbangan internasional sudah kembali dibuka sejak awal tahun. Alhamdulillah per Maret kemarin sudah mulai terlihat kenaikan jumlah penumpang internasional. Adapun jumlah penumpang domestik pada Maret mencapai 761.134 penumpang dengan 5.454 pergerakan pesawat. Sedangkan untuk penerbangan internasional pada Maret mencapai 5.171 penumpang dengan 113 pergerakan pesawat,” terangnya.

Untuk mengantisipasi terus naiknya jumlah penumpang tersebut serangkaian upaya telah dilaksanakan, diantaranya adalah menambah jam operasional bandara.

"Memasuki periode _summer_ di akhir Maret kemarin, kami mengubah jam operasional dari sebelumnya pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB menjadi pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB Ini adalah salah satu respon kami mengingat tren positif pertumbuhan jumlah penumpang, sehingga diharapkan rekan-rekan maskapai dapat memanfaatkan secara maksimal _operating hour_ yang ada serta membahas bersama upaya-upaya untuk meningkatkan jumlah penumpang dengan tetap mengedepankankan aspek keamanan, keselamatan, dan kesehatan," tandasnya.

Seluruh upaya tersebut selalu coba kami lakukan secara konsisten. Oleh karenanya, kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan di bandara. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga tingkat kepercayaan atas aspek keamanan penumpang selama berada di bandara dan tentunya kami berharap hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat, pungkas Sisyani.(AD1)

abadinews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top